Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Menkeu Berharap OECD Beri Kontribusi Positif Bagi ASEAN

Kamis, 26 Maret 2015 12:15 WIB
Dibaca 361

Monexnews - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap, kerja sama dengan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dapat memberikan kontribusi positif bagi negara-negara anggota ASEAN, khususnya dalam penyiapan ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Seperti diketahui, penerapan AEC akan memungkinkan negara anggota ASEAN menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara ASEAN lainnya, yang akan membentuk pasar yang lebih luas. AEC sendiri diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi ASEAN dalam menghadapi kekuatan ekonomi besar dunia.

Namun demikian, menurut Menkeu, memiliki pasar dengan ratusan juta konsumen tidak akan berarti jika tidak disertai dengan daya beli yang signifikan dan kapasitas investasi yang memadai. “Oleh karena itu, ke depan, OECD tidak boleh mengorbankan pentingnya mendukung pembangunan perekonomian individu dalam upayanya untuk mendukung kemajuan AEC,” ungkap Menkeu dalam pembukaan The OECD Southeast Asia Regional Forum (SEARF) kedua pada Rabu (25/3) di Jakarta.

Selain itu, OECD juga harus mampu memberikan dukungannya untuk membantu negara-negara berkembang anggota ASEAN dalam melanjutkan agenda pembangunannya, serta memantau integrasi mereka dalam AEC. OECD, lanjutnya, juga harus dapat membantu negara-negara anggota ASEAN lain yang lebih maju agar dapat melanjutkan dan meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonominya, serta meningkatkan ketahanannya dalam menghadapi krisis ekonomi dan keuangan pada masa mendatang.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar