Sabtu, 29 Juli 2017

world-economy  World Economy

Menkeu: Defisit Transaksi Berjalan Alami Penurunan

Jumat, 28 Februari 2014 10:03 WIB
Dibaca 374

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menghadiri acara The 13th Indonesia Capital Market Student Studies National Seminar and Training yang diadakan oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada Kamis (27/2) di Auditorium FE UI, Depok. Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas ini mengangkat tema ‘Emerging Market: Pathway to be the Next Financial Powerhouse’.

Terkait dengan perkembangan ekonomi, Menkeu memaparkan bahwa upaya pengetatan fiskal dan moneter oleh pemerintah dan Bank Indonesia (BI) yang ditujukan untuk mengurangi defisit transaksi berjalan telah menunjukkan hasil positif. Seperti diketahui, berdasarkan data BI, defisit transaksi berjalan mengalami penurunan. “Alhamdulillah, empat bulan setelah policy itu dilakukan, tiga minggu lalu Bank Indonesia mengeluarkan angkanya, deficit current account-nya bisa diturunkan dari 10 billion (dolar AS) di dalam triwulan dua atau 4,4 persen dari GDP (Produk Domestik Bruto), menjadi 4 billion (dolar AS) di triwulan IV, atau 1,9 persen dari GDP,” jelasnya.

Selain itu, Menkeu juga memaparkan bahwa meskipun pertumbuhan ekonomi mengalami pelambatan di kisaran 5,8 hingga 6 persen, Indonesia masih menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik kedua di antara negara-negara G20. “Anda jangan lupa bahwa 5,8 is still second fastest growing economy among the member of G-20. Karena nomor satu itu China di 7,6 (persen); Indonesia 5,8; India 4,8; Turki sekitar 4,4,” ungkapnya.(fi)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar