Rabu, 25 Januari 2017

breaking-news Keputusan Mahkamah Agung Inggris: proses formal Brexit harus melalui persetujuan parlemen.

world-economy  World Economy

Menkeu: Freeport dan Newmont akan Bantu Pengurangan Defisit

Jumat, 12 September 2014 13:52 WIB
Dibaca 636

Monexnews - Indonesia sedang terlilit beban defisit neraca transaksi berjalan dalam jumlah besar. Walau situasinya tidak kunjung membaik, pemerintah optimis beban defisit itu akan berkurang seiring dengan terbukanya akses ekspor mineral oleh dua perusahaan tambang asal Amerika Serikat yang beroperasi di tanah air.

Menteri Keuangan Indonesia, Chatib Basri, optimis dibukanya pintu ekspor bagi Freeport-McMorran Gold & Copper dan Newmont Mining akan membantu upaya perbaikan defisit di 2014. Ia mengatakan defisit transaksi berjalan akan menyentuh angka $26 miliar di akhir tahun, berkaca pada trend defisit yang terjadi selama semester pertama. Namun jumlah itu akan menyusut jika Freeport dan Newmont kembali aktif mengekspor produk tambangnya ke luar negeri.

Kedua perusahaan baru saja diizinkan untuk melanjutkan lagi aktivitas ekspornya setelah pemerintah sepakat soal besaran pajak dan royalti yang harus ditanggung oleh masing-masing. "Saya tidak akan kaget apabila defisit neraca transaksi berjalan turun ke kisaran $23 miliar (jika Freeport dan Newmont sudah aktif mengekspor)," ujar Chatib. Penurunan kinerja ekonomi nasional dari 5.8% (akhir 2013) menjadi 5.2% di semester pertama lalu turut membantu upaya pengurangan defisit karena arus impor juga ikut menyusut. "Permintaan investasi turun, sehingga permintaan barang impor juga berkurang. Rupiah sudah jatuh ke 11.600 per Dollar dan akan membantu peningkatan ekspor," tambah menkeu.

Kementerian Keuangan memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2014 mencapai 5.4% dan rata-rata inflasi hingga akhir tahun di sekitar 5.3% atau di bawah asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2014, yakni antara 5.5 dan 7.3%. Pertumbuhan ekonomi tersebut didorong oleh pemotongan belanja pemerintah sebesar Rp43 triliun pada APBNP 2014 dan potensi pemasukan dari ekspor Newmont dan Freeport.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar