Selasa, 23 Mei 2017

world-economy  World Economy

Menkeu: Jokowi Mungkin Naikan Harga BBM di Tahun 2014

Rabu, 29 Oktober 2014 14:15 WIB
Dibaca 642

Monexnews - Indonesia mungkin akan menaikan harga BBM bersubsidi sebelum akhir tahun di tengah Presiden Joko Widodo berusaha untuk mengurangi subsidi dan menciptakan ruang fiskal yang lebih besar, kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Besarnya dan waktu dari kenaikan belum di putuskan, kata Bambang Brodjonegoro dalam sebuah wawancara di Jakarta pada hari ini. Pemerintah ingin mengubah sistem subsidi ke dana bebas untuk di gunakan ke hal yang produktif, tambahnya.

"Setiap pengalokasian ulang anggaran yang berhubungan dengan kebijakan harga BBM hanya dapat di lakukan di tahun 2015," katanya. Ruang fiskal Indonesia akan menjadi "jauh lebih besar."

Bambang Brodjonegoro pada pekan ini menunjukkan bahwa ekonomi saat ini tumbuh pada kecepatan paling lambat sejak tahun 2009 dan sedang berjuang dengan defisit transaksi berjalan yang berada di dekat rekor tertingginya. Dia mengatakan bahwa prioritasnya saat ini adalah mempertahankan ketahanan ekonomi menjelang kemungkinan perubahan kebijakan Federal Reserve pada tahun depan, yang mana itu mengancam untuk memacu arus keluar dari pasar berkembang.

Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa dia merekomendasikan untuk sisten subsidi tetap, mengulangi visi yang dia letakan di bulan Agustus di saat dia menjadi wakil Menteri Keuangan dalam pemerintahan sebelumnya.

Kementrian di minta untuk merencanakan program yang terinci untuk tahun 2015 sebelum pergantian subsidi, kata Sofyan Djalil, yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian kemarin, tanpa berikan rincian khusus yang mengacu tentang subsidi BBM. Dia sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah akan membuat pengumuman tentang BBM dalam waktu dekat, tanpa berikan penjelasan lebih lanjut.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar