Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Menkeu: MEA 2015, Saatnya Indonesia Jadi Pemain Regional

Selasa, 5 Agustus 2014 10:44 WIB
Dibaca 410

Monexnews - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menegaskan, tidak perlu ada kekhawatiran berlebih dengan segera diterapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun depan. Menurutnya, justru ini adalah saat yang tepat bagi Indonesia untuk unjuk gigi di kancah perekonomian regional.

“Saya nggak begitu kuatir dengan ASEAN Economic Community (MEA), karena barang-barangnya sudah lama masuk sini, itu sih tinggal ceremony-nya saja, karena barang-barangnya itu sudah ada di sini,” ungkap Menkeu.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga perlu melihat dengan sudut pandang berbeda terkait penerapan MEA. “Cara kita melihat itu (MEA) harus berubah. Indonesia tidak mungkin hanya ekspor doang,” tegasnya.

Ia menambahkan, perdagangan terjadi karena adanya transaksi penjualan dan pembelian, dan tidak ada satu negara pun di dunia yang hanya melakukan ekspor. “Kalau satu negara hanya ekspor doang, nggak mau impor, nggak ada perdagangan. Perdagangan itu terjadi karena ada barang yang kita beli (dan) ada barang yang kita jual,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menekankan, ekpor dan impor merupakan sesuatu yang lazim dilakukan dan tidak terhindarkan. “Jadi itu sebuah fenomena yang biasa, Indonesia tidak terhindarkan,” katanya.

Ia menambahkan, yang terpenting saat ini adalah bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan MEA dengan sebaik-baiknya. “Sekarang bagaimana memanfaatkan ini (MEA). Menurut saya Indonesia sudah saatnya menjadi pemain regional,” pungkasnya.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar