Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Menkeu Optimis Indonesia Mampu Hadapi Penarikan QE

Rabu, 24 September 2014 14:20 WIB
Dibaca 398

Monexnews - Negara-negara emerging market, termasuk Indonesia, harus mempersiapkan diri terhadap kemungkinan normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat penarikan quantitative easing/QE). Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri dalam Seminar Internasional "Befrieding with the Boom Bust Cycle" di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (23/9).

Menurutnya, dengan semakin besarnya kemungkinan ditariknya QE, tidak dipungkiri the fragile five (negara-negara yang bergantung pada investasi asing untuk mendorong pertumbuhan ekonominya, yaitu Turki, Brazil, India, Afrika Selatan dan Indonesia) akan kembali muncul. Sebelumnya, banyak negara-negara berkembang yang diuntungkan dengan stimulus fiskal Amerika Serikat tersebut.

"Untungnya Indonesia telah menghadapi (situasi) ini sejak 2013, tapi jika nanti normalisasi kebijakan moneter AS terjadi pada tahun 2015, pemerintah harus melakukan beberapa langkah (kebijakan)," kata Menkeu.

Langkah-langkah tersebut adalah dengan menurunkan defisit anggaran dan melakukan diversifikasi sumber pembiayaan negara. Untuk diversifikasi sumber pembiyaan, lanjut Menkeu, Indonesia memiliki beberapa sumber pendapatan yang dapat dielaborasi lagi seperti Dana Haji dan Dana Jaminan Sosial. Kementerian Keuangan melalui Ditjen Pengelolaan Utang telah melakukan inisiatif berupa private placement pada kedua sumber pembiayaan tersebut. Dengan inisiatif tersebut, dana haji yang dapat dikelola sebesar 15 milyar dollar AS, sedangkan dana jaminan sosial sebesar 30 miliar dolar AS pada tahun 2020.

"Dengan langkah tersebut, saya yakin Indonesia dapat mengatasi dan menstabilkan ekonominya terkait dengan kebijakan penarikan stimulus Amerika serikat/QE ," tutup Menkeu. (fg)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar