Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Menkeu Optimistis Defisit Transaksi Berjalan 3 Persen dari PDB

Kamis, 3 April 2014 10:27 WIB
Dibaca 296

Monexnews - Menteri Keuangan optimistis defisit transaksi berjalan 2014 akan berada di bawah 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). "Saya optimis trennya makin lama akan makin membaik, jadi mestinya trade deficit bukan lagi masalah major di 2014. Jadi kalau Bank Indonesia forecast current account deficit di bawah 3 persen, bisa tercapai,” demikian diungkapkan Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta.

Hal tersebut sejalan dengan mulai terlihatnya dampak kebijakan terkait Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 yang menahan laju impor Bulan Februari, sehingga neraca perdagangan mencatatkan surplus 785,3 juta dolar AS. Menurut Menkeu, surplus neraca perdagangan Februari terjadi karena penurunan impor yang tajam. Penurunan ini dikarenakan dampak kebijakan peningkatan PPh pasal 22. Selain itu, sisi ekspor juga mulai membaik seiring peningkatan harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Hal yang sama juga di ungkapkan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo. Menurutnya, penurunan impor dan peningkatan ekspor menjadi faktor utama surplus transaksi berjalan Bulan Februari. Penurunan impor ini, menurutnya merupakan hasil kerja sama yang baik antara pemerintah dan Bank Indonesia dalam mengendalikan defisit neraca perdagangan. “Saya menduga surplus Februari di kisaran USD300 juta sampai USD400 juta. Saya apresiasi BI dan pemerintah (atas) pilihannya, antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau (menjaga) inflasi dan jaga defisit. Dengan mengerem pertumbuhan ekonomi tetapi tetap fokus pada inflasi, ke depan kalau dirasa cukup, BI rate bisa diturunkan,” jelasnya.(ans)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar