Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Menkeu Optimistis Inflasi 2013 Sesuai Perkiraan Pemerintah

Rabu, 4 Desember 2013 9:05 WIB
Dibaca 302

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri optimistis inflasi akhir tahun akan berada di bawah 9 persen sesuai perkiraan pemerintah sebelumnya. Keyakinan tersebut dilandasi oleh data terakhir inflasi pada November 2013 yang secara tahun kalender mencapai 7,79 persen.

Jika inflasi pada Bulan Desember ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya, maka inflasi sepanjang tahun 2013 berpotensi di bawah 8,5 persen. "Inflasi kan 0,12 persen, sehingga year to date-nya 7,79 persen. Kalau dilihat dari tren tahun lalu, Desember itu kan antara 0,4-0,5 persen. Saya sebelumnya bilang di bawah 9 persen, mungkin bisa lebih bagus lagi," jelas Menkeu sebagaimana diberitakan media.

Menkeu meyakini, inflasi pada akhir tahun ini akan berada pada level 8,2 persen, dengan catatan ada effort dari pemerintah. “Kalau 7,79 persen year to date sekarang ditambah kemungkinan 0,5 persen di Bulan Desember, itu (inflasi) bisa menyentuh 8,4 persen. Dengan effort lebih dari pemerintah, mungkin bisa ada pada posisi 8,2 persen," jelasnya.

Seperti diketahui, level inflasi sempat tinggi pada saat pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun demikian, menurut Menkeu, hal tersebut sudah lewat dan harga sudah terkendali. "Nah, karena membuka kran impor, harga makanan stabil dan inflasi lebih rendah. Sekarang ada pressure baru-baru ini, satu-dua hari kemarin rupiah melemah. Ini yang harus kita antisipasi," katanya.

Menurut Menkeu, posisi yang semakin baik ini akan membantu memperbaiki ekspektasi pasar terhadap beberapa indikator fiskal dan moneter Indonesia yang akan berimbas pada membaiknya nilai tukar dan iklim pasar modal dan keuangan di Indonesia. "Ini tentu akan membuat sinyal yang bagus karena kalau inflasi rendah, ekspektasi depresiasi tidak akan meningkat," kata Menkeu.(nic)

 

Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar