Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Menkeu Optimistis Rupiah Segera Menguat

Rabu, 25 Juni 2014 16:44 WIB
Dibaca 437

Monexnews - Menteri Keuangan optimistis nilai tukar rupiah akan kembali menguat dalam beberapa waktu ke depan. Nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh angka Rp12.000 per dolar Amerika Serikat (AS), telah kembali turun pada kisaran Rp11.900 per dolar AS.

“Jika dinilai dari akhir Januari 2014, nilai tikar rupiah mulai menguat. Bahkan, rupiah menjadi mata uang dengan performa terbaik di urutan dua dunia, karena apresiasi sekitar 6 sampai 8 persen hingga Mei 2014. Rupiah menjadi second best performance sampai Mei 2014, sebulan lalu," demikian dikatakan Menkeu M. Chatib Basri dalam acara Bisnis Indonesia Award 2014 di Jakarta, Selasa (24/6).

Menurut Menkeu, ada tiga faktor utama yang menyebabkan nilai tukar rupiah melemah dalam beberapa waktu terakhir. Pertama, faktor Pemilihan Presiden (Pilpres) yang persaingannya dinilai semakin ketat. Meskipun situasi dipastikan akan aman pada saat berlangsungnya Pilpres, tetapi apabila hasil Pilpres menghasilkan perolehan suara yang cukup ketat dan dekat, pelaku bisnis menilai hal tersebut sebagai sebuah ketidakpastian.

Selain itu, pada bulan lalu, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit. Namun, Menkeu optimistis pada bulan ini neraca perdagangan akan kembali surplus.

Faktor ketiga yaitu adanya situasi geopolitik di Irak yang menyebabkan melambungnya harga minyak dunia. Hal ini merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi nilai tukar rupiah.

Terkait ketiga hal tersebut, Menkeu meyakini, Pilpres akan segera selesai dengan membawa kepastian. Begitu pula dengan defisit neraca perdagangan akan diyakini akan segera kembali mencatatkan surplus. Namun demikian, faktor geopolitik di Irak tidak dapat dipastikan, tetapi setidaknya, tantangan faktor eksternal pada tahun ini, menurut Menkeu, jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.(kp)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar