Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

MenKeu Perancis: Daya Saing Lebih Penting Daripada Penguatan Euro

Senin, 10 Maret 2014 9:13 WIB
Dibaca 492

Monexnews - Daya saing di Perancis dan Eropa harus ditingkatkan terlepas dari seberapa kuat penguatan euro, ucap Menteri Keuangan Perancis pada hari Minggu lalu, menanggapi kritik yang menyalahkan penguatan mata uang yang menekan tingkat ekspor perusahaan Perancis. Sejumlah politisi Perancis dan perusahaan termasuk produsen otomotif Renault dan perusahan manajemen energi Schneider Electric beberapa bulan belakangan ini melayangkan kritik mengenai dampak penguatan euro terhadap laba mereka.

"Euro berada pada level tinggi… Namun kita tidak boleh mengkambinghitamkan mata uang," ucap Pierre Moscovici Menteri Keuangan Prancis pada BFM TV. "Apa yang harus kita pulihkan pertama kali adalah kesehatan perusahaan-perusahaan kita, daya saing mereka… Penguatan euro tidak boleh menjadi kambing hitam ataupun dalih untuk menhindar dari reformasi Eropa dan Perancis."

Desifit perdagangan Perancis, yang mencapai rekor tinggi 74 milyar euro di tahun 2011, adalah salah satu sinyal hilangnya daya saing perusahana Perancis di pasar internasional. Meski telah menyempit sejak saat itu, data tersebut menunjukkan penyebab utamanya adalah tingkat ekspor yang anjlok kurang cepat dari impor. Menteri Perindustrian Perancis Arnaud Montebourg telah mengusulkan penekanan yang lebih agresif dari Eropa dan European Central Bank untuk melemahkan euro guna mendorong sektor ekspor.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar