Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Tergantung pada Pola Demografi

Rabu, 23 April 2014 13:18 WIB
Dibaca 481

Monexnews - Komposisi populasi yang masih berada di angkatan muda menjadi bonus demografi bagi Indonesia. Namun, menurut Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri, bonus demografi yang tidak terkendali hanya akan menjadi penghambat bagi kelanjutan pertumbuhan ekonomi.

"Ada suatu pendapat sederhana bahwa bagaimanapun pertumbuhan ekonomi akan bergantung pada pola demografis," demikian dikatakan Menkeu saat menyampaikan keynote remarks dalam acara 8th Sadli Lecture di Hotel Borobudur, Jakarta pada Selasa (22/4).

Dalam acara tersebut, Menkeu menjelaskan, salah satu studi yang dilakukan oleh Bloomberg dan Modigliani tentang life cycle hypothesis menyatakan bahwa penduduk berumur antara 8 sampai dengan 15 tahun bersifat mengonsumsi capital income, sehingga akan menyebabkan negative saving. Sementara, penduduk berumur 15 sampai dengan 65 tahun mulai bergabung dengan pasar tenaga kerja untuk mulai mencari penghasilan sendiri dan tetap konsumtif, sedangkan penduduk berumur lebih dari 65 tahun yang sudah pensiun sudah tidak bekerja tetapi tetap konsumtif.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa umur emas bagi penduduk produktif adalah sekitar 15 sampai dengan 65 tahun. "Anda dapat bayangkan bahwa sekitar 67 persen penduduk berada dalam kisaran 29-30 tahun, ini merupakan angkatan kerja aktif. Dan dapat dibayangkan bahwa konsumsi akan menjadi sangat kuat," jelas Menkeu.(sul)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar