Kamis, 19 Januari 2017

world-economy World Economy

Menkeu: Reformasi dimulai dari Beachhead

Kamis, 31 Oktober 2013 13:46 WIB
Dibaca 255

Monexnews - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mempunyai dua fungsi, yaitu kelembagaan dan pelayanan. Dalam proses transformasi kelembagaan sebagai kelanjutan dari reformasi birokrasi, Kemenkeu dituntut untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitasnya secara terus-menerus. Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri dalam acara “Leadership Talkshow: Mengawal Transformasi Bersama Jajaran Pimpinan Kemenkeu Dalam Rangka Hari Oeang ke 67” di Aula Dhanapala, Rabu (30/10).

Sebagai sebuah agenda yang besar, lanjut Menkeu, transformasi kelembagaan tentu akan mengalami berbagai macam tantangan, terutama di tengah gejolak perekonomian global saat ini. Situasi perekonomian domestik dan global yang dinamis membuat Kemenkeu mau tidak mau harus bergerak cepat dan responsif. Namun demikian, transformasi tidak bisa dilakukan dengan instan; diperlukan proses secara bertahap dengan hasil yang langsung dapat dirasakan oleh stakeholders.

“Kita tidak bisa melakukan reformasi struktural maupun birokrasi secara menyeluruh dalam satu waktu. Makanya, reformasi dimulai dari beachhead, artinya perubahan dimulai di sektor-sektor dengan cakupan stakeholders terluas seperti pajak dan bea cukai. Kita tau, sekarang wajib pajak bisa membayar pajaknya melalui transfer. Yang dulunya harus datang ke kantor pelayanan, sekarang sudah praktis dan cepat. Demikian juga di Bea cukai,” ujar Menkeu. (fn)



Sumber: publikasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar