Rabu, 23 Agustus 2017

world-economy  World Economy

Menkeu Resmi Naikkan Tarif Impor Barang dari Luar Negeri

Kamis, 23 Juli 2015 15:34 WIB
Dibaca 4363

Monexnews - Kementerian Keuangan Republik Indonesia hari ini resmi menaikkan tarif impor produk makanan, pakaian, kendaraan bermotor dan beberapa barang konsumsi lainnya. Langkah ini diambil untuk mempromosikan penjualan barang-barang buatan anak negeri dan menggenjot konsumsi domestik.

Keputusan menkeu diambil di tengah tren penurunan impor yang terjadi sejak bulan November silam. Untuk bulan Juni, arus impor merosot 17% dibandingkan periode yang sama tahun lalu akibat lesunya konsumsi domestik. Suahasil Nazara, Kepala Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, menegaskan bahwa upaya ini ditujukan untuk mengangkat industri lokal.

Di bawah aturan baru ini, tarif impor teh dan kopi dinaikkan 20% dari 5% dan tarif untuk impor daging naik 30% dari 5%. Adapun impor minuman beralkohol seperti whiskey, brandy dan minuman lainnya terkena pajak 150% dari aturan sebelumnya Rp125.000 per liter.

Tarif untuk mobil ditetapkan dari 10-40% menjadi sebesar 50%. Adhi Lukman, Kepala Asosiasi Makanan dan Minuman Indonesia, mengatakan bahwa kebijakan menkeu yang baru akan berdampak bagus terhadap pelaku usaha domestik. Terkait dengan sektor ini, salah satu perubahan komponen impor yang berpengaruh adalah impor bahan mentah seperti gula. Produk lainnya yang kena perubahan aturan baru antara lain baju impor, alat kontrasepsi, karpet dan pendingin udara. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar