Kamis, 20 Juli 2017

world-economy  World Economy

MenKeu Ukraina: Kami Bangkrut Namun Tidak Default

Kamis, 6 Maret 2014 16:27 WIB
Dibaca 490

Monexnews - Yield obligasi pemerintah Ukraina telah berada di dalam tekanan dalam beberapa hari belakangan dengan isu restrukturisasi hutang membuat investor fixed income bertambah cemas. Namun Menteri Keuangan Oleksander Shlapak mencoba meredakan kecemasan investor, mengatakan bahwa Ukraina tidak akan default pada hutangnya meski hampir bangkrut. "Menurutku Ukraina akan membayarkan semua hutang-hutangnya dengan bantuan dari IMF (International Monetary Fund)," ucapnya.

Pemerintahan yang baru telah dibentuk di Ukraina pekan lalu setelah ketegangan sipil memicu pengunduran diri Presiden Viktor Yanukovych dan perseteruan dengan militer Rusia. Ukraina mungkin telah bergantung dari bailout dari Rusia namun denganpihak oposisi yang pro dengan Uni Eropa berkuasa saat ini, Ukraina akan meminta bantuan dari Uni Eropa dan IMF. Pemimpin di Ukraina telah mengatakan bahwa negaranya membutuhkan bantuan senilai 35 milyar dollar untuk menghindari default.

Shlapak menambahkan bahwa 10 milyar dollar akan dibutuhkan tahun ini dan 5 milyar dollar tahun depan serta mengatakan bahwa pinjaman sebelumnya dari IMF – yang mana harus dibekukan – tidak akan mengalami nasib yang sama. “Menurutku IMF tidak akan membiarkan pihaknya dipermainkan untuk ketiga kalinya," ucapnya. "Kami saat ini sedang berdiskusi dengan investor dan mitra kami mengenai masalah paket bantuan. Penggunaan yang tepat pada sumber daya kami adalah permasalahan utama saat ini. Menurutku jika kita dapat mengatur ini, maka bantuan dari Rusia tidak dibutuhkan."

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar