Kamis, 19 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Merjer Bank Yunani Terhambat

Senin, 8 April 2013 16:03 WIB
Dibaca 459

Monexnews - 2 bank debitur terbesar Yunani kemungkinan akan diambil oleh negara setelah proses merger mereka terhambat oleh pemerintah pada akhir minggu lalu. Pergerakan mengejutkan ini terjadi setelah National Bank of Greece (NBG), dan Eurobank kekurangan dalam rencana-rencana mereka untuk meningkatkan modal dan ditengah-tengah kekuatiran dari para pemberi pinjaman internasional bahwa gabungan kedua bank tersebut akan menjadi terlalu besar untuk di berikan dana talangan (bailout) oleh pemerintah Yunani.

Pada pernyataan hari Minggu lalu, pejabat senior kementrian keuangan Yunani berkata bahwa pengikatan kerja sama tersebut, yang diumumkan pada akhir tahun lalu, dan telah berjalan cukup baik, akan dibeku-kan dan dana bantuan perbankan Yunani akan segera dicairkan kepada kedua dbitur tersebut secara terpisah, sebagai langkah yang membawa kedua bank tersebut berada di bawah kontrol negara.

Penangguhan ini terjadi  ditengah-tengah bertumbuhnya kekuatiran di Eropa terhadap ancaman yang diimbulkan oleh bank-bank besar terutama di negara kecil, seperti Siprus, dimana krisis perbankan baru-baru ini memotong sumber dana umum dan emmaksa pemerintah menggunakan dana depositor untuk me-restukturisasi  2 bank debitor terbesar negara tersebut.

Kedua Bank besar yuanni tersebut tidak memberikan komentar pada perkembangan hari Minggu kemarin. Perbankan Yunani mengalami kemunduran dari imbas gabungan resesi negara tersebut yang dalam dan berlarut-larut dan pada tahun lalu kewajiban pembayaran hutang sebesar  200 billion euro, yang telah menyebabkan lubang besar dalam neraca perdagangan negara tersebut.

Sebagai bagian dari bantuan bailout terbaru Yunani sebesar 173 billion euro dari zona eropa dan IMF, 50 billion euro telah dicadangkan untuk merekapitalisasi 4 bank besar negara tersebut dan menyelesaikan masalah beberapa debitur kecil. Dalam prosesnya, perbankan yunani telah menjalani konsolidasi sangat cepat bagi ke-4 bank besar tersebut; NBG, Eurobank, Alpha Bank AS dan Piraeus Bank SA;  berharap dengan penggabungan massal, mereka dapat menarik modal swasta pada rekapitalisasi kedepan.

Dalam syarat dari pemberi dana pinjaman, bank-bank tersebut harus mengamankan setidaknya 10% dari modal yang diperlukan dari sektor swasta untuk mempertahankan otonomi manajerial. Agen penyelamatan perbankan yunani, Hellenic Financial Stability Fund, diharapkan untuk menutupi kekurangan-nya tetapi hanya dapat membatasi hak saham nya sebesar 90% atau kurang.

Pusat dari konsolidasi tersebut adalah merger antara NBG dan Eurobank yang bertujuan menciptakan bank terbesar Yunani dan Eropa Selatan, dengan aset berkisar pada 180 billion euro. Kesepakatan ini diumumkan pada bulan Oktober lalu dan telah dijelaskan kepada para pemegang saham dan kepada regulator Yunani dan Eropa, juga kepada pemberi pinjaman lokal dari komisi Eropa, IMF dan ECB. Pada bulan Febuari, kedua bank tersebut telah saling bertukar saham, dan proses merger diharapkan secara legal selesai pada bulan Juni.

Tetapi dengan makin dekatnya batas waktu program  rekapitalisasi Yunani yang telah tertunda 1 tahun mendekat pada akhir April, sangat tidak mungkin bagi NBG dan Eurobank, yang mana memerlukan modal gabungan sebesar 15.6 billion euro, akan dapat memenuhi target dana yang diperlukan. Walau merger tersebut masih mungkin dilanjutkan, keputusan tidak akan diputuskan oleh dana bantuan perbankan, menurut pejabat Kementrian Keuangan setelah pertemuan dengan delegasi dari pemberi pinjaman internasional.

Sebelumnya pada hari Minggu, bank sentral Yunani memastikan kembali bahwa perbankan Yunani harus menyelesaikan rekapitulasi mereka pada akhir bulan ini, memicu harapan bahwa manajeman NBG dan Eurobank akanmengajukan perpanjangan waktu hingga resminya peneyelsaian merger tersebut. Walau belum ada pejabat Eropa yang menyatakan adanya veto yang jelas yang telah dipersiapkan  terhadap perjanjian tersebut, tiga srerangkai pemberi pinjaman internasional telah mengajukan keberatan pada penggabungan NBG & Eurobank pada minggu-minggu terakhir, memicu aksi jual saham-saham mereka.

(gsy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar