Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Meski Current Account-nya Surplus, Postur Neraca China Belum Seimbang

Selasa, 12 Mei 2015 11:03 WIB
Dibaca 2776

Monexnews - China memang sukses mencetak surplus dalam neraca transaksi berjalan (current account), namun di saat yang sama neraca modal dan keuangannya masih mengalami defisit di kuartal perdana 2015. Pemerintah dituntut untuk lebih lihai dalam menyeimbangkan pos-pos belanja dan menggenjot investasi di triwulan-triwulan mendatang.

China mencatat surplus current account sebesar $78,9 miliar dan mengalami defisit neraca modal $78,9 miliar. Komponen neraca modal yang defisit ini merupakan perhitungan investasi masuk, baik jangka panjang maupun pendek, ke sistem perekonomian Tiongkok. Artinya minat penanaman modal investor asing cenderung lemah di awal tahun 

China sendiri sudah memberlakukan metode perhitungan neraca baru sesuai standar Dana Moneter Internasional (IMF). Perbedaan antara cara perhitungan lama dan baru terletak pada komponen aset cadangan. Kalau di metode sebelumnya aset ini dihitung terpisah, maka dalam standar baru keberadaannya adalah bagian dari financial account.

Dalam laporan tahunan yang dirilis pekan ini, Badan Administrasi Valuta Asing China (SAFE) menjelaskan bahwa arus dana masuk dari luar ke dalam negeri akan ditingkatkan di tahun 2015 sehingga postur neraca modal diprediksi membaik.

SAFE pada bulan Maret lalu merevisi angka defisit neraca modalnya untuk kuartal IV 2014 dari $91,2 miliar menjadi $30,5 miliar. Sementara surplus current account, yang menghitung komponen perdagangan, justru direvisi naik dari $61,1 miliar menjadi $67 miliar. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar