Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Meski Data Ekonomi Lesu, Nikkei Tetap Rebound

Kamis, 28 Februari 2013 13:17 WIB
Dibaca 449

Monexnews - Hari ini pemerintah Jepang merilis data ekonomi industri dan manufaktur yang hasilnya cukup ekspansif namun secara keseluruhan angka pertumbuhannya masih lesu.

Produktivitas yang dihasilkan dari sektor industri (industrial output) bertumbuh 1% di bulan Januari. Namun angka itu meleset di bawah estimasi para ekonom yang memperkirakan ada kenaikkan 1.5%, dan angka tersebut juga merosot lebih rendah dari bulan sebelumnya di angka 2.4%.  

Sedangkan aktivitas sektor manufaktur Jepang (manufacturing PMI) berkembang di bulan Februari di angka 48.5 dari sebelumnya 47.7. Namun angka tersebut masih tergolong kontraksi karena masih berada di bawah batasan level 50.   

Sementara data ekonomi Jepang lainnya yang rilis hari ini turut menunjukkan penyusutan. Data construction orders merosot -3.7% di bulan Januari dari sebelumnya +4.8. Dan housing starts juga menurun di level 5% dari periode sebelumnya 10% dan dibawah estimasi analis yang memperkirakan 8.3%.

Alhasil, rilis data-data tersebut masih menunjukkan kelesuan bagi pemulihan ekonomi Jepang. Namun hal itu tidak menggoyahkan sentimen pasar terhadap minat resiko di sektor ekuiti. Terbukti indeks Nikkei Jepang hari ini rebound setelah dua hari beruntun mengalami koreksi terkait penguatan Yen. Pada sesi penutupan, Nikkei tercatat menguat 2.71% dan meraih gain sebesar +305.39 poin ke area 11559.36.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar