Sabtu, 23 September 2017

world-economy  World Economy

Meski Dibayangi Risiko Politik, Bursa AS Tetap Kebanjiran IPO

Senin, 24 Maret 2014 13:36 WIB
Dibaca 482

Monexnews - Kinerja apik pasar saham Amerika Serikat dalam setahun terakhir telah menggoda banyak perusahaan untuk melepas sahamnya ke publik tahun ini. Sampai dengan bulan Maret saja, sudah 53 perusahaan yang dijadwalkan menjadi anggota bursa NYSE dan Nasdaq melalui proses initial public offering (IPO).

Menurut lembaga riset dan investasi Renaissance Capital, jumlah calon emiten 2014 yang terdaftar saat ini sudah jauh di atas jumlah perusahaan yang IPO pdi Amerika Serikat pada periode yang sama tahun lalu (30). Jika rata-rata IPO yang tercatat sampai dengan bulan Maret terus bertahan hingga akhir tahun, maka jumlah IPO tahun 2014 bisa melampaui catatan tahun lalu yaitu di angka 222 atau jumlah IPO tertinggi sejak tahun 2000.

Sebagian besar emiten yang IPO tiga bulan terakhir harga sahamnya telah meningkat lebih dari kenaikan rata-rata indeksnya. Harga saham dari perusahaan yang baru IPO rata-rata juga meningkat 35% dibandingkan level harganya pada saat penjualan perdana. Saham perusahaan perangkat kesehatan, Castlight Health (CSLT), yang debut bulan ini telah naik dua kali lipat sampai dengan pekan ke-tiga bulan Maret. Sementara Biotech Dicerna Pharmaceuticals (DRNA), yang IPO bulan Januari, sahamnya telah naik hampir 180%. Saham bioteknologi Versartis (VSAR) hari Jumat lalu juga mengukir kenaikan sekitar 50% dari harga jualnya ketika pertama kali melantai di bursa. Sektor kesehatan terbukti menjadi primadona baru di Amerika Serikat, di mana sebanyak 29 perusahaan resmi yang masuk ke bursa hingga Maret 2014 berasal dari sektor ini. Salah satu faktor yang membuat perusahaan percaya diri untuk menggalang dana dari kocek investor tahun ini adalah performa stabil indeks saham utama. Meskipun diterjang berbagai sentimen ekonomi dan politik, indeks Nasdaq masih mampu mendulang kenaikan 2% dalam tiga bulan terakhir. Faktor inilah yang melatarbelakangi niat perusahaan-perusahaan baru yang ingin mengadu nasib di lantai bursa. Isu Ukraina juga tidak mengurangi keyakinan pemodal terhadap prospek investasinya di sektor ekuitas.  

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar