Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Meski Surplus Bertambah, Ekspor Jerman Lemah

Selasa, 9 April 2013 13:37 WIB
Dibaca 557

Monexnews - Kinerja ekspor negara Jerman menurun di bulan Februari 2013. Hal ini mengindikasikan bahwa pemulihan ekonomi Eropa berlangsung lebih lambat dibanding perkiraan. 

Nilai ekspor Jerman turun 1,5% di bulan Februari dibandingkan catatan satu bulan sebelumnya dan turun 2,8% dari periode yang sama tahun 2012. Demikian hasil laporan kantor pusat statistik Jerman hari ini, yang sudah disesuaikan dengan faktor musiman dan hitungan kalender.

Laporan terbaru lini ekspor kian memperkuat penilaian bahwa negara ekonomi terbesar di Eropa ini ikut terimbas oleh iklim perlambatan ekonomi global. Terlebih lagi komponen gross domestic product negara itu sudah berkontraksi di bulan di kuartal IV 2012. Pemuliihan ekonomi memang sedang berjalan, akan tetapi lajunya lebih lambat dibanding ekspektasi pengamat.

Volume perdagangan dengan mitra bisnis di zona Euro anjlok drastis pada bulan Februari. Ekspor ke anggota-anggota Euro turun 4,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2012. Begitu pula dengan volume impor Jerman, yang surut akibat minimnya tingkat konsumsi domestik. Impor turun sebanyak 3,8% dibandingkan catatan bulan Januari dan anjlok 5,9% dari periode yang sama tahun 2012.

Konsekuensi dari kelesuan aktivitas impor Jerman adalah melebarnya surplus neraca perdagangan dari 15,6 miliar Euro (Januari) menjadi 17,1 miliar Euro di bulan Februari. Surplus tersebut lebih besar di atas estimasi analis yang memperkirakan angka sebesar 15 miliar Euro. Sedangkan current account surplus muncul pada angka 16 miliar di bulan Februari, lebih tinggi dibanding ekspektasi 13,8 miliar. Nilai tukar Euro saat ini terpantau di 1.30225 terhadap Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar