Jumat, 24 November 2017

world-economy  World Economy

Minimal Pembelian SUN Dengan Cara Private Placement

Jumat, 24 Juli 2015 14:05 WIB
Dibaca 2403

Monexnews - Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 118/PMK/08/2015 tentang Penjualan Surat Utang Negara Dalam Mata Uang Rupiah dan Valuta Asing di Pasar Perdana Domestik Dengan Cara Private Placement. Ada beberapa perubahan dari peraturan sebelumnya yang ada dalam PMK 192/2013.

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Robert Pakpahan, pemerintah pernah beberapa kali melakukan private placement, seperti Sukuk Dana Haji Indonesia. Namun, untuk dapat melakukan private placement ada batasan minimal penawaran pembelian SUN, baik dengan rupiah maupun valuta asing (valas). Dalam PMK 118/2015 ini, minimal rupiah untuk pembelian oleh Bank Indonesia, OJK, LPS, BLU, Pemerintah Daerah atau Dealer Utama adalah sebesar Rp300 miliar rupiah untuk 1 seri.

Sementara itu, untuk valas, batasan minimal penyampaian penawaran pembelian SUN oleh BI, OJK, LPS, BLU, Pemerintah Daerah atau Dealer Utama adalah minimal sebesar US$50 juta atau ekuivalen dengan mata uang asing lain, untuk 1 seri. Dalam hal penawaran pembelian SUN dalam valuta asing dilakukan dalam mata uang selain US Dollar, maka perhitungan batasan minimal untuk menentukan ekuivalen mata uang asing lain dengan mata uang US Dollar mengacu pada rata-rata kurs tengah BI dalam 5 hari terakhir sebelum tanggal surat penawaran.

Sebagai informasi, penerbitan melalui private placement ini ditujukan untuk diversifikasi pembiayaan. Pada PMK sebelumnya, private placement hanya dilakukan dalam rupiah. Namun dalam PMK 118/2015 ini, private placement untuk valas dapat dilakukan.(as)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*Disadur tanpa penyuntingan  (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar