Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Musim Liburan, Jumlah Pengangguran Spanyol Berkurang

Selasa, 2 Juli 2013 14:07 WIB
Dibaca 326

Monexnews - Kabar baik muncul dari negara Spanyol, yang sedang menderita krisis ekonomi menahun. Data terbaru menunjukkan bahwa jumlah pencari kerja di negara itu turun selama empat bulan beruntun (hingga Juni), sekaligus mengindikasikan usainya fase resesi ekonomi nasional. 

Kementerian tenaga kerja Spanyol pada hari Selasa mengatakan jumlah warga yang mengisi form tunjangan pengangguran turun sebanyak 2.6% atau setara 127.249 orang antara bulan Mei dan Juni lalu. Dengan demikian, jumlah warga yang masih memohon tunjangan pengangguran tinggal 4.76 juta hingga saat ini. Rasio penurunan klaim pengangguran di negara ekonomi terbesar ke-empat dunia itu merupakan yang terbesar (bulanan) dalam sejarah.

Bulan Juni memang kerap menjadi bulan berkah bagi warga Spanyol. Mengingat di bulan ini daya serap tenaga kerja cenderung membaik setiap tahunnya karena mendekati liburan musim panas Eropa. Penurunan jumlah permintaan tunjangan bulan Juni tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan catatan periode yang sama tahun 2012, yakni sebesar 98.853 orang.

Namun jika dihitung secara tahunan, klaim pengangguran bulan Juni justru naik 3.2%. Demikian pula dengan klaim tunjangan yang disesuaikan dengan faktor musim, angkanya naik sebanyak 996 antara Mei dan Junia tahun ini.

Masalah pengangguran adalah beban yang harus ditanggung negara Eropa, khususnya mereka yang sedang terjebak dalam krisis hutang. Di kuartal pertama, tingkat pengangguran Spanyol berada pada level tertinggi sepanjang masa di 27.2% atau rasio pengangguran tertinggi setelah Yunani. Nilai tukar EUR/USD saat ini diperdagangkan pada 1.30674.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar