Sabtu, 23 September 2017

world-economy  World Economy

Neraca Pembayaran Indonesia Diperkirakan Membaik

Senin, 16 September 2013 14:47 WIB
Dibaca 569

Monexnews - Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah, BI memperkirakan perbaikan pada Neraca Pembayaran Indonesia (NPI). Perbaikan ini dipengaruhi oleh defisit neraca perdagangan migas. "Kondisi ini kemudian berdampak pada berkurangnya defisit transaksi berjalan yang secara gradual diperkirakan terus menurun, lebih kecil dari defisit yang terjadi pada triwulan II-2013. Penurunan defisit transaksi berjalan juga dipengaruhi melemahnya permintaan domestik dan berbagai kebijakan untuk menekan impor," ungkapnya pekan kemarin.

Sementara itu, neraca modal dan finansial diperkirakan akan mengalami surplus yang besar didorong oleh arus masuk FDI dan juga investasi portofolio, sehingga masih memadai untuk membiayai defisit pada transaksi berjalan. "Bank Indonesia juga menilai kondisi utang luar negeri swasta masih cukup sehat karena banyak ditopang komposisi utang dengan tenor jangka panjang dan didominasi oleh perusahaan yang berorientasi ekspor," kata Difi.

Cadangan devisa pada akhir Agustus 2013 tercatat sebesar 93,0 miliar dolar AS, relatif stabil dari posisi pada akhir Juli 2013 sebesar 92,7 miliar dolar AS. "Cadangan devisa pada akhir Agustus tersebut setara dengan 5,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah," jelasnya. (ak)


sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar