Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

New York, Kota IPO Favorit Perusahaan Asing

Rabu, 6 Agustus 2014 10:25 WIB
Dibaca 778

Monexnews - Bursa saham Amerika Serikat masih menjadi tujuan utama bagi perusahaan-perusahaan dunia untuk meraup modal segar. Untuk pertama kalinya sejak 2009, New York mengalahkan Hong Kong dalam urusan jumlah perolehan modal initial public offering (IPO).

Sepanjang semester perdana 2014, sebanyak 27 asing perusahaan resmi melantai di Wall Street dan sukses menggalang dana senilai total $7.9 miliar. Raupan modal tersebut setara dengan kenaikan 274% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekaligus menjadikan New York sebagai tujuan IPO utama di depan bursa Asia Pasifik lainnya. Padahal bursa-bursa yang berada di wilayah Asia Pasifik seperti, Hong Kong dan Australia, secara total hanya mampu menghimpun dana $7.4 miliar dari 44 IPO.

Ironisnya, NYSE dan Nasdaq tahun ini justru diuntungkan dari IPO saham-saham negara pesaing utama Amerika di bidang ekonomi yaitu China. Beberapa saham Tiongkok yang sukses melepas sahamnya di bursa Amerika antara lain JD.com, Weibo dan Leju Holdings. Trend tersebut kemungkinan masih berlanjut di paruh ke-dua 2014 karena perusahaan online raksasa, Alibaba, dijadwalkan terjun ke bursa via NYSE dalam beberapa bulan ke depan. Target raihan dananya bahkan tidak main-main, yakni mencapai lebih dari $20 miliar atau salah satu rekor IPO terbesar dunia.

Menurut beberapa laporan bank investasi, tingginya volatilitas pasar dan instabilitas politik di China membuat Hong Kong bukan lagi menjadi lokasi IPO favorit bagi perusahaan asal China. Terlebih lagi, peraturan bursa yang terlalu ketat di negara itu juga membuat calon emiten enggan menjual sahamnya.

Sebaliknya di Amerika kondisi pasar justru sedang bagus, harga saham terus menguat dan volatilitas cenderung minim. Secara total ada 89 perusahaan yang melakukan IPO di New York sejak April hingga Juni. Angka tersebut merupakan rekor kuartalan terbesar sejak tahun 2007 silam.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar