Senin, 23 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Nowotny: ECB Tidak Perlu Mengambil Tindakan Dalam Waktu Dekat

Senin, 7 April 2014 16:27 WIB
Dibaca 633

Monexnews - European Central Bank tidak perlu untuk mengambil langkah baru dalam waktu dekat untuk mengatasi tingkat inflasi yang melekat di level rendah karena menguatnya perkeonomian Eropa akan mengurangi bahaya deflasi, ucap salah satu petinggi ECB Ewald Nowotny pada hari Senin. Ia mengatakan bahwa ECB sedang memperhatikan perkembangan dengan seksama seiring mempertimbangkan langkah selanjutnya termasuk kebijakan yang tidak konvensional.

"Hal itu tidak berarti bahwa langkah tersebut akan ditempuh dalam waktu dekat, namun kami mempersiapkan untuk segala kemungkinan," ucapnya. Jika kebijakan yang tidak konvensional dibutuhkan, Nowotny mengatakan ia lebih memilih untuk memperkuat pasar sekuritas bebasis aset di Eropa (ABS). Namun ia menambahkan sejumlah kebijakan masih dikaju dan tidak ada urutan langkah-langkah. European Central Bank pada hari Kamis lalu membukan peluang untuk pencetakan uang guna mendorong perekonomian zona euro dan menjaga tingkat inflasi agar tidak melekat di level rendah.

"Menurut pandanganku saya lebih memilih kebijakan yang sedekat mungkin dengan pasar. Itu artinya menurutku kebijakan pertama harusnya memperkuat pasar ABS di Eropa," ucapnya, menambahkan bahwa hal ini dapat secara langsung mendorong prospek pendanaan bagi perusahaan kecil dan menengah sementara memiliki dampak kebijakan moneter yang positif. "Hal ini tidak menutup peluang untuk kebijakan lainnya, namun menurutku pribadi akan berada di area ini." Ia mengatakan pemangkasan suku bunga lebih lanjut masih mungkin terjadi namun dipertanyakan “apakah pemangkasan suku bunga saat ini bernar-benar memiliki dampak atau mungkin kebijakan lainnya lebih efektif ".

Nowotny mengingatkan bahwa tingkat inflasi inti di Eropa telah berada relative stabil meski inflasi tingkat konsumen di zona euro hanya mencatat kenaikan 0.5%, jauh di bawah target ECB yaitu sedikit di bawah 2%. "Tingkat inflasi yang rendah sebagian besar dipicu oleh perkembangan pada harga energi, yang mana ECB mempunyai pengaruh yang sangat terbatas," ucapnya. "Oleh kaerna itu, saya percaya bahwa pada situasi seperti ini aspek inflasi inti lebih penting," ucapnya, mengingatkan bahwa kenaikan upah yang tinggi di sejumah negara besar Eropa seperti Jerman tahun ini akan membantu mengatasi rendahnya tingkat inflasi, terutama di sektor jasa.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar