Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Nowotny: Serikat Perbankan Zona Euro Beresiko

Senin, 12 Mei 2014 17:48 WIB
Dibaca 406

Monexnews - Sementara serikat perbankan yang direncanakan oleh zona euro akan membantu mengembalikan kepercayaan pada bank zona euro, hal tersebut juga akan menimbulkan sejumlah resiko seperti memicu aktivitas perbankan menuju sektor perbankan bayangan, menurut salah satu dewan kebijakan European Central Bank pada hari Senin. "Ada resiko bahwa ketatnya regulasi pada sektor perbankan dapat mengakibatkan aktivitas bisnis yang penting dan beresiko akan beralih menuju area dengan regulasi lebih longgar, seperti perbankan bayangan," ucap Ewald Nowotny pada konferensi Austrian Central Bank mengenai serikat perbankan. Krisis keuangan tahun 2007 dan 2008 menunjukkan bahwa aktivitas perbankan bayangan dapat menimbulkan resiko bagi stabilitas keuangan, ucapnya.

Nowotny juga memperingatkan bahwa “gangguan kompetitif” dapat timbul jika ada perbedaan negara dalam pengawasan atau dalam menerapkan kebijakan akan terus ada. Bagaimanapun, ia menambahkan bahwa ada argument mengenai “sejumlah tingkat diferensiasi di bawah level zona euro” akibat perbedaan kultur dan bahasa.

Sementara ECB bersiap untuk mengemban tugas sebagai pengawas tunggal sektor perbankan, atau mekanisme pengawasan tunggal, untuk bank-bank terbesar zona euro, Nowotny mengatakan “ada argumen kuat untuk menjaga agar agensi pengawas terpisah dari ECB." "Meski ECB akan menjadi pengawas yang tegas dan dihargai, bank di bawah pengawasannya akan memiliki kepercayaan diri tinggi, dan ini akan berujung pada penurunan premi ketidakpastian," ucap Nowotny. Hal itut merupakan keinginan semua orang jika “semakin banyak negara yang memutuskan untuk bergabung,” tambahnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar