Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Obama Batal ke Malaysia, Belum Pasti Hadiri Meeting APEC

Rabu, 2 Oktober 2013 13:51 WIB
Dibaca 560

Monexnews - Kisruh soal anggaran dan plafon hutang di Washington membuat operasional pemerintah terganggu. Sejak Selasa tengah malam, seluruh aktivitas pemerintah terhenti akibat kehabisan dana. Presiden Barack Obama bahkan telah membatalkan kunjungannya ke Malaysia untuk lebih fokus mengurusi krisis fiskal negaranya.

Kantor berita Bernama hari ini melaporkan bahwa Presiden Amerika Serikat membatalkan kunjungan ke negeri jiran karena alasan masalah dalam negeri. Konfirmasi pembatalan didapat dari Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, yang sudah mendapat pemberitahuan sebelumnya dari kantor administrasi Obama. Sang presiden tidak ingin meninggalkan Washington di tengah penghentian operasional pemerintah dan proses negosiasi anggaran dengan pihak kongres. Belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah Obama juga akan absen dalam event APEC 2013 yang digelar di Bali tanggal 5-7 Oktober mendatang.

Obama dijadwalkan melakukan tur Asia dengan lokasi tujuan di 4 negara selama 8 hari. Dalam kunjungan tersebut, salah satu acara akbar yang akan dihadirinya annual Asia-Pacific Economic Cooperation meeting. Sebanyak 21 kepala negara direncanakan hadir untuk membahas isu-isu ekonomi terbaru dan masalah internasional terkini. Pihak Amerika sendiri memiliki agenda penting dalam roadshow Asia tahun ini, yakni terkait dengan wacana peluncuran Trans-Pacific Partnership free trade agreement. Kesepakatan tentang area perdagangan bebas merupakan momentum ekonomi politik penting yang bisa menguntungkan bagi Amerika di tengah fase pemulihan dalam negeri. Kantor administrasi Obama belum memberi informasi tentang kepastian kunjungan sang presiden ke Brunei, Filipina dan Indonesia. Ia kemungkinan besar datang ke APEC walaupun harus absen di 3 negara ASEAN.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar