Selasa, 23 Mei 2017

world-economy  World Economy

Obligasi Indonesia Berdenominasi Euro di Peringkat BBB-

Kamis, 3 Juli 2014 15:29 WIB
Dibaca 567

Monexnews - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan obligasi Indonesia yang berdenominasi Euro di peringkat BBB- (EXP). Obligasi ini diterbitkan di bawah program Global Medium-Term Notes. Sejalan dengan itu, Fitch juga menetapkan peringkat Issuer Default Rating (IDR) valas jangka panjang di level BBB- dengan outlook stabil.

Dalam keterangan pers-nya, Fitch menyebut bahwa profil kredit surat utang Indonesia ini didapatkan dari pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan stabil dibanding negara sejenis. Walau defisit fiskal melebar, tapi tetap terkontrol, yang didukung oleh kepatuhan terhadap aturan fiskal yang penuh kehati-hatian, sehingga berkontribusi pula pada tingkat utang yang lebih rendah dibanding negara lainnya.

Penurunan neraca transaksi berjalan sepanjang 2011-2013 telah membuat Indonesia rentan terhadap sentimen investor internasional dan arus modal keluar secara tiba-tiba. Sejauh ini, pemerintah telah berhasil menekan dampak negatif terhadap dana eksternal yang disebabkan oleh quantitative easing dari Bank Sentral AS.

Secara khusus, Bank Indonesia telah berusaha menjaga cadangan devisa dengan membiarkan depresiasi nilai tukar dan menaikkan suku bunga. Defisit transaksi berjalan juga mulai turun berdasar persentase terhadap PDB mulai dari kuartal keempat 2013 lalu. Namun perlu digarisbawahi bahwa lingkungan bisnis yang lemah secara struktural, termasuk infrastruktur yang buruk, pemerintahan yang lemah, dan korupsi yang merajalela, akan menghambat potensi untuk pengembangan. (as)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan




(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar