Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

OECD: Indonesia Perlu Tambah Belanja Pendidikan dan Infrastruktur

Selasa, 31 Maret 2015 12:18 WIB
Dibaca 288

Monexnews - Hasil survei Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) menyatakan, Indonesia perlu meningkatkan belanja pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, dan infrastruktur secara berkesinambungan. Hal tersebut diperlukan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif.

“Untuk mencapai hal tersebut, pada gilirannya pendapatan negara perlu ditingkatkan dan prioritas belanja perlu ditentukan kembali,” demikian penjelasan OECD dalam ikhtisar hasil surveinya. OECD menilai, keputusan pemerintah untuk memotong subsidi bahan bakar minyak (BBM) merupakan tindakan yang tepat untuk selangkah lebih dekat menuju tujuan tersebut.

Selain itu, institusi ini juga menilai bahwa Indonesia perlu memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah untuk mendukung pembangunan, dengan cara meningkatkan investasi dan memperbaiki peraturan. Kontribusi dan hasil di bidang lingkungan hidup juga dinilai masih rendah, yang disebabkan penggunaan bahan bakar fosil yang masih mendominasi serta lemahnya penegakan peraturan perundang-undangan yang ada, khususnya di bidang kehutanan.

“Sumber daya alam Indonesia yang berlimpah dapat dimanfaatkan secara lebih baik dengan meningkatkan produktivitas dalam bidang pertanian, meningkatkan efisiensi dalam pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, dan beralih secara progresif ke energi terbarukan, khususnya energi panas bumi,” ungkap OECD.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar