Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

OECD: Inflasi di Negara-Negara Maju Meningkat

Kamis, 2 April 2015 19:47 WIB
Dibaca 2073

Monexnews - Setelah terus menunjukkan penurunan sepanjang 7 bulan berturut-turut, tingkat inflasi tahunan di negara-negara maju mampu mencatat sedikit kenaikan pada bulan Februari. Inflasi juga terpantau meningkat di seluruh perekonomian besar anggota G20, mengacu dari laporan Organization for Economic Cooperation and Development pada hari Kamis.

Tanda-tanda bahwa inflasi global mungkin telah menemui bottom bisa menjadi kabar positif bagi sejumlah bank sentral, dimana banyak dari mereka masih mengkhawatirkan resiko terjatuhnya ekonomi global ke dalam deflasi. Namun dengan sebagian ekonomi global yang masih mengalami penurunan dan pemulihan yang lemah, serta potensi penurunan harga minyak mentah lebih lanjut , tanda kenaikan inflasi yang dilaporkan OECD mungkin belum cukup untuk meredakan kecemasan pembuat kebijakan.

OECD mengatakan tingkat inflasi tahunan di 34 negara anggotanya naik menjadi 0,6% pada bulan Februari dari 0,5% setahun sebelumnya, setelah terus merosot sejak Juli 2014. Meski demikian, laju inflasi masih berada jauh di bawah level 2% yang ditargetkan oleh mayoritas bank sentral sebagai konsisten dengan pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Perlambatan inflasi sejak pertengahan tahun lalu sebagian besar mencerminkan penurunan tajam harga energi, sementara rebound kecil di bulan Februari sebagian disebabkan oleh stabilisasi harga minyak di tengah masih lemahnya ekonomi global. Core CPI negara-negara OECD, yang tidak termasuk harga energi dan pangan, tercatat stabil pada 1,7% di bulan Februari.

Untuk negara-negara G20, yang menyumbang sekitar 85% dari output ekonomi dunia, tingkat inflasi tahunan juga naik menjadi 2,7% dari 2,5% pada bulan Januari. Namun angka itu masih jauh di bawah level puncak 2014 di level 3,2%. Tingkat inflasi dilaporkan mengalami percepatan di China, Rusia dan Brazil, namun melambat di India, Indonesia dan Afrika Selatan. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar