Sabtu, 23 September 2017

world-economy  World Economy

OECD: Inflasi G20 Kembali Berakselerasi

Kamis, 9 Januari 2014 19:16 WIB
Dibaca 424

Monexnews - Laju inflasi tahunan di beberapa perekonomian utama dunia berakselerasi pada bulan November, meskipun masih tetap tertahan pada level yang lemah dan menjadi sumber keprihatinan bagi banyak bank sentral yang bertekad menghindari ancaman deflasi.

Laporan Organization for Economic Cooperation & Development (OECD) menunjukkan laju inflasi tahunan di 34 negara anggota menguat menjadi 1,5% dari 1,3% pada bulan Oktober. Sementara inflasi tahunan pada kelompok 20 negara industri dan berkembang (G20) juga meningkat menjadi 2,9% dari sebelumnya 2,8%.

Kenaikan pada bulan November sekaligus menghentikan pelemahan 3 bulan beruntun, meskipun ada indikasi bahwa percepatan inflasi hanya akan berlangsung sementara. Mengacu dari beberapa data bulan Desember yang telah dirilis, perlambatan inflasi kembali terlihat pada 2 ekonomi besar di dunia. Inflasi tahunan zona Euro kembali melambat ke 0,8% pada akhir tahun lalu dari 0,9% pada bulan November, sementara China juga memperlihatkan penurunan inflasi tahunan menjadi 2,5% dari sebelumnya 3,0%.

Rendahnya tingkat inflasi di negara-negara maju masih akan terus menjadi perhatian bank sentral, mengingat sebagian besar pembuat kebijakan menganggap kenaikan harga tahunan sebesar 2% sebagai patokan untuk pertumbuhan ekonomi yang sehat. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar