Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

OECD Khawatirkan Perekonomian Zona-Euro

Rabu, 26 November 2014 14:25 WIB
Dibaca 626

Monexnews - Perekonomian zona-euro dapat menjadi ancaman bagi perekonomian dunia yang saat ini hanya tumbuh dengan laju yang rendah, menurut OECD. Pemulihan ekonomi yang cukup rapuh memang telah menjadi kecemasan terutam dengan GDP kuartalan yang hanya tumbuh 0,2% di kuartal ketiga 2014. Zona-euro juga harus berkutat dengan rendahnya inflasi dan tingginya tingkat pengangguran dimana 1.4 rakyat Spanyol dan Yunani menganggur.

Lembaga think tank negara maju tersebut memprediksikan perekonomian zona-euro hanya akan tumbuh 0,8% tahun ini. Ini sangat rendah jika dibandingkan dengan prediksi pertumbuhan ekonomi global yang dapat mencapai 3,3% pada tahun 2014. "Perekonomian zona-euro tengah menjadi kaku dan ini dapat menjadi resiko bagi pertumbuhan ekonomi global. Tingkat pengangguran di zona-euro cukup tinggi dan inflasi masih jauh dari target bank sentral," tulis laporan OECD.

"Kurang fleksibelnya institusi di zona-euro turut memperburuk masalah. Ini menyulitkan formulasi dan eksekusi kebijakan yang tepat untuk menghadapi penurunan aktivitas perekonoian," menurut analis zona-euro di divisi Unit Intelejen Ekonomi. "Resiko politik di zona-euro telah meningkat seiring mulai kecewanya pemilih terhadap kondisi perekonomian." (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar