Selasa, 19 Desember 2017

world-economy  World Economy

OECD Meningkatkan Prediksi Pertumbuhan Global

Rabu, 18 Maret 2015 18:12 WIB
Dibaca 554

Monexnews - Perekonomian dunia membaik di awal tahun 2015 seiring rendahnya harga minyak dan pelonggaran moneter beberapa bank sentral, menurut Organization for Economic Cooperaction and Development (OECD). Namun pasar perlu mewaspadai "keterdantungan berlebihan" pada kebijakan moneter karena dapat mengancam stabilitas sistem keuangan dan perdagangan mata uang.

Menurut OECD, AS perlu menahan diri menaikkan suku bunganya, sampai ada pertanda pemulihan perekonmian di Eropa agar dapat mendukung laju ekspornya. Tapi perekonomian AS tetap diperkirakan akan tetap melaju, dengan OECD mempertahankan prediksi pertumbuhan di level 3,1% di tahun 2015.

Untuk zona Euro, OECD menaikkan proyeksi pertumbuhan menjadi 1,4% di tahun 2015 dibandingkan proyeksi sebelumnya yaitu pertumbuhan 1,1%. Stimulus dari European Central Bank (ECB) menjadi faktor utama membaiknya prediksi pertumbuhan, namun zona 19-negara tersebut perlu mencanangkan reformasi ekonomi dan program investasi baru sehingga bisa mendapatkan pemulihan yang berkelanjutan. Saran yang sama juga diberikan untuk Jepang dan proyeksi pertumbuhan pemerintahan Shinzo Abe dinaikkan menjadi 1% dari kenaikan 0,8% untuk tahun 2015.

Hal berbeda diberlakukan untuk China yang tingkat pertumbuhannya diturunkan 0,1% menjadi 7% di tahun 2015 dan memilih India menjadi perekonomian dengan laju pertumbuhan tercepat menggantikan China. Tingkat pertumbuhan India dinaikkan menjadi 7,7% untuk tahun ini dibandingkan prediksi pertumbuhan sebelumnya 6,4%.

Secara keseluruhan, OECD mengharapkan 70% perekonomian global: yang diwakili AS, zona Euro, Jepang, Inggris, Kanada, China, India, dan Brazil, akan naik 4% di tahun 2015, lebih tinggi 0,1% dibandingkan prediksi sebelumnya di bulan November. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar