Selasa, 12 Desember 2017

world-economy  World Economy

Optimisme Bangkit Setelah Data Australia Tampil Baik

Selasa, 11 Februari 2014 11:54 WIB
Dibaca 434

Monexnews - Hari ini pasar Australia diceriakan oleh kinerja data-data ekonomi yang apik yang di rilis pada pagi hari, sehingga minat investor meningkat untuk membeli sejumlah produk ekuitas di pasar uang.

Indeks kepercayaan bisnis Australia yang di kalkulasi oleh National Australian Bank (NAB business confidence) mengalami kenaikkan di bulan Januari ke level +8 dari bulan sebelumnya pada level +6. Sedangkan NAB business conditions masih kuat di level +4, tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Hasil survei tersebut meneguhkan bahwa rendahnya suku bunga serta anjloknya dollar Australia hingga 14% tahun 2013 lalu, telah membangkitkan kembali prospek ekonomi kedepan setelah sebelumnya mengalami perlambatan. Sedangkan perlambatan ekonomi Australia disebabkan oleh berakhirnya ‘booming’ investasi pertambangan yang telah bergulir selama 1 dekade.

Selain itu, data house price index Australia juga mencatatkan peningkatan yang signifikan dengan kenaikkan hingga 3.4% sepanjang kuartal IV lalu, dibandingkan kuartal sebelumnya 1.9%. Hasil itu juga muncul di atas ekspektasi para analis dan ekonom yang memperkirakan +3%.

Meningkatnya harga rumah selama tahun lalu sempat menggoyahkan bank sentral Australia karena hal itu dapat berpotensi mengacaukan perekonomian terutama bila sektor real-estate naik terlalu tajam. Reserve Bank of Australia pekan lalu kembali mempertahankan suku bunga acuan tetap pada 2,50%, dan memberikan isyarat kepada pasar bahwa penurunan suku bunga selanjutnya belum akan terjadi.

Bank sentral telah memotong suku bunga sebanyak delapan kali antara akhir 2011 s/d pertengahan tahun 2013 yang bertujuan untuk melindungi ekonomi terhadap melambatnya investasi pertambangan. (dar)  

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar