Sabtu, 19 Agustus 2017

world-economy  World Economy

Orang Terkaya Sejagad Bantu Kampanye Pengendalian Senjata Api

Rabu, 27 Agustus 2014 11:54 WIB
Dibaca 794

Monexnews - Wacana pelarangan kepemilikan senjata api semakin gencar dikemukakan oleh banyak pihak di Amerika Serikat. Tidak terkecuali pasangan miliarder Bill dan Melinda Gates, yang merupakan pendiri Microsoft Corp. Keduanya dikabarkan memberi sumbangan $1 juta kepada Washington Alliance for Gun Responsibilty, sebuah lembaga hukum yang fokus dalam isu pengendalian senjata.

Bill Gates semakin melengkapi daftar orang-orang penting di Amerika yang giat mengkampanyekan gerakan anti-senjata api. Sebelumnya, beberapa sosok penting di Microsoft sudah lebih dahulu melakukan hal yang sama. Pendiri perusahaan lainnya, yakni Paul Allen, mendonasikan $500.000 kepada Washington Alliance dan mantan CEO Steve Ballmer serta istrinya, Connie, secara total menyumbangkan $580.000. Selain bos-bos Microsoft, sosok penting di jagad teknologi yang turut memberikan uangnya adalah Nick Hanauer. Kontribusi dari investor spesialis sektor teknologi ini jika dijumlahkan sudah mencapai $1.3 juta. Keseluruhan dana yang didapat oleh Washington Alliance dari donatur diprediksi sudah sampai di angka $5.8 juta.

Jika dilihat dari nilai sumbangan, maka apa yang dilakukan oleh Bill Gates dan koleganya mungkin belum bisa disebut besar. Jumlah kekayaan Bill Gates yang mencapai $76 miliar menjadikannya sebagai manusia terkaya di dunia versi majalah Forbes. Sementara mantan mitranya, Steve Ballmer, bahkan baru saja menghabiskan uang untuk membeli klub basket Los Angeles Clippers dengan nilai transaksi mencapai $2 miliar. Akan tetapi secara moril, kontribusi keduanya bisa menggugah kesadaran warga Amerika terhadap isu pengendalian senjata api.

Sejak pensiun dari kursi strategis di Microsoft, Bill dan Melinda Gates memang lebih serius mengurusi yayasannya. Pasangan filantropis ini selalu menyumbangkan uang miliaran Dollar setiap tahun untuk membantu organisasi dan gerakan kemanusiaan mulai dari program imunisasi, pemberantasan kemiskinan di negara miskin dan membantu anak tidak mampu untuk bersekolah.

Sedangkan untuk kepentingan politik, Gates lebih 'pelit' dalam menghabiskan uangnya. Menurut Center Responsive Politics, ia 'hanya' menyumbangkan dana $15.000 masing-masing untuk Partai Demokrat dan Partai Republik dalam kampanye pemilihan anggota kongres dan senat.

Dana yang diterima oleh Washinton Alliance akan dipakai untuk mendanai kampanye pengendalian senjata, salah satunya adalah mempromosikan aturan kepemilikan senjata yang lebih ketat. Dengan menggugah animo masyarakat melalui berbagai media dan program, organisasi ini berharap peraturan soal senjata api bisa ditegakkan sebagaimana harapan mayoritas warga.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar