Minggu, 22 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Otoritas New York Kebut Aturan Transaksi Bitcoin

Kamis, 13 Februari 2014 13:05 WIB
Dibaca 585

Monexnews - Aturan khusus tentang penggunaan Bitcoin dijadwalkan keluar dalam beberapa bulan ke depan. Pemerintah kota New York merasa berkepentingan untuk mengawasi penggunaan alat pembayaran baru ini di tengah maraknya aksi pencucian uang dan transaksi obat-obatan terlarang.

Kepala Badan Pengawas Keuangan kota New York, Benjamin Lawsky, mengatakan aturan yang disebut dengan 'BitLicenses' akan memberikan payung hukum bagi pelaku transaksi non-konvensional dengan menggunakan Bitcoin. Setelah nanti dirilis, BitLicenses akan menjadi regulasi pertama yang mengatur pemakaian uang digital ini. "Tujuan kami adalah untuk memproteksi konsumen dan memberantas money laundering tanpa menghabisi inovasi teknologi," tutur Lawsky dalam Currency Conference di Washington DC. Pemerintah kota ingin agar konsumen mengetahui karakteristik Bitcoin yang fluktuatif dan rentan spekulasi sehingga mereka bisa melindungi nilai asetnya secara mandiri.

Rencananya badan keuangan akan membuat juga aturan tentang penggunaan Bitcoin untuk investasi finansial, serupa dengan regulasi perbankan. Namun sampai sekarang otoritas terkait masih menggodok implementasi dan pasal-pasalnya. Lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan Bitcoin juga diwajibkan melapor kepada pihak berwenang apabila mendapati transaksi mencurigakan pada rekening konsumen. Kalaupun ada kendala yang menghambat penerapan aturan tak lain adalah karakteristik Bitcoin sendiri, yang jauh berbeda dengan uang kartal. Berbeda dengan Dollar, yang penerbitannya diatur oleh negara, nilai Bitcoin terbentuk oleh mekanisme pasar dan aksi yang dilakukan oleh pemain-pemain yang tersebar di banyak negara. Lalu lintas transaksinya juga dieksekusi via dompet digital yang sulit untuk dilacak.

Faktor itulah yang membuat pemerintah berhati-hati dalam membuat regulasi baru.Financial Services Department telah bertemu dengan pakar-pakar Bitcoin, aparat hukum dan akademisi serta menggelar dengar pendapat yang dipantau langsung secara online oleh 14.000 orang dari 117 negara. "Kalau kita bisa menerapkannya secara lancar, maka kota New York bisa menjadi kiblat bagi pasar keuangan dalam hal proses penciptaan iklim industri yang baik," kilah Lawsky.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar