Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Output Industri Zona Euro Membaik di Bulan April

Rabu, 12 Juni 2013 17:07 WIB
Dibaca 421

Monexnews - Output industri zona Euro berhasil mencatat kenaikan untuk bulan ke-3 berturut-turut pada bulan April, yang menjadi indikasi bahwa fase kontraksi ekonomi terpanjang yang menimpa kawasan 17-negara pengguna mata uang Euro akan segera berakhir.

Namun, peningkatan output masih terkonsentrasi di Jerman dan Perancis, 2 ekonomi terbesar di kawasan tersebut. Sementara output mengalami penurunan di sejumlah negara yang telah terpukul oleh krisis fiskal dan perbankan, termasuk Italia, Spanyol, Yunani dan Portugal.

Laporan lembaga statistik Uni Eropa, Eurostat, menunjukkan produksi industri di blok 17-negara tumbuh 0,4% dari bulan Maret, namun turun 0,6% dari angka bulan April 2012. Hasil tersebut mampu mementahkan estimasi tanpa pertumbuhan dari para ekonom.

Ekonomi zona euro telah mengalami kontraksi sebesar 0,2% pada kuartal pertama, seiring penurunan tajam dalam investasi bisnis meredam kenaikan sangat kecil dalam belanja rumah tangga dan kontribusi positif dari perdagangan. Kondisi tersebut telah memaksa European Central Bank pekan lalu untuk menurunkan proyeksi pertumbuhan tahun 2013.

Namun, survey bisnis dan indikator lainnya justru mengindikasikan bahwa kontraksi zona Euro telah berkurang. Indikator utama Organization for Economic Cooperation & Development (OECD) yang dirilis hari Senin lalu menunjukkan jika ekonomi zona Euro akan kembali ke jalur pertumbuhan pada akhir tahun ini. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar