Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, China Kembali Turunkan Suku Bunga

Senin, 11 Mei 2015 7:38 WIB
Dibaca 4439

Monexnews - Terus melambatnya perekonmian China membuat People's Bank of China (PBOC) kembali menurunkan suku bunga acuan pada hari Minggu kemarin, dan mulai efektif berlaku mulai hari ini. PBOC telah menurunkan suku bunga sebanyak tiga kali sejak bulan November untuk memacu perekonomian yang turun ke level terendah sejak krisis finansial global. Ekonomi China sendiri diproyeksikan tumbuh 7% sepanjang tahun ini, proyeksi tersebut merupakan yang terendah dalam 25 tahun terakhir.

PBOC menurunkan suku bunga pinjaman serta deposito satu tahun masing-masing sebesar 25 basis poin, menjadi 5,1% dan 2,25%. PBOC mengatakan langkah tersebut akan membantu pertumbuhan ekonomi yang sehat. Selain menurunkan suku bunga, PBOC juga memberikan fleksibilitas lebih besar kepada bank umum untuk memberikan suku bunga deposito satu tahun dengan batas maksimal 3,375%. 

Hingga saat ini bank sentral China tersebut telah menurunkan suku bunga, serta giro cadangan wajib minimum sebanyak lima kali dalam enam bulan terakhir, para ekonom masih memperkirakan akan ada pelonggaran moneter lebih lanjut akibat lemahnya pasar properti serta kendornya pertumbuhan di sektor manufaktur dan investasi. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar