Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Panglima Militer Rusia Masuk Daftar Hitam Uni Eropa

Selasa, 29 April 2014 16:45 WIB
Dibaca 2708

Monexnews - Uni Eropa resmi memberlakukan sanksi kepada Valery Gerasimov, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia. Nama Gerasimov masuk dalam daftar 15 orang Rusia yang masuk daftar hitam blok barat pasca aksi agresif militer utusan Moskow di wilayah Ukraina pekan lalu. 

Dengan masuknya Gerasimov ke dalam blacklist Uni Eropa, maka total jumlah orang Rusia yang diboikot menjadi 48 individu. Mereka semua dilarang untuk berkunjung ke wilayah Uni Eropa dan seluruh asetnya di luar negeri mengalami pembekuan.

Selain menjabat sebagai panglima angkatan perang, Valery Gerasimov, juga menduduki posisi sebagai wakil menteri pertahanan Rusia. Ia kerap menjadi perwakilan Moskow dalam setiap diskusi dengan pihak NATO. Ia tidak akan bisa mengunjungi negara Eropa dalam waktu dekat, sama dengan figur top lainnya seperti Wakil Perdana Meneteri, Dmitry Kozak, Wakil Presiden Rusia Duma, Ludmila Shetsova dan Igor Sergun, Kepala Intelijen Rusia. Selain warga kebangsaan asli Rusia, sanksi blok barat juga meliputi orang-orang Ukraina yang dianggap pro ke Rusia seperti Andriy Purgin, Kepala Negara Bagian Donetsk.

Pemimpin Eropa sudah menetapkan orang-orang yang terkena sanksi pada hari Senin kemarin, namun pengumuman namanya baru dilakukan beberapa jam lalu. Amerika Serikat memang sudah menjatuhkan sanksi kepada beberapa perusahaan yang terkait dengan pemerintah Kremlin, namun sejauh ini Uni Eropa enggan menjatuhkan embargo serupa. Tingginya korelasi bisnis antara kedua kawasan membuat pejabat Eropa enggan menerapkan hukuman lebih kejam, setidaknya sampai ada aksi agresif pihak Rusia yang di luar batas wajar.

Baik pihak Amerika dan Eropa sendiri sedang berdiskusi membahas potensi sanksi lanjutan yang menyasar ke sektor perbankan dan energi Rusia. Hal itu dimungkinkan mengingat sejauh ini sanksi yang sedang berlaku terbilang ringan karena hanya berlaku untuk orang dan perusahaan tertentu. Menteri luar negeri negara Uni Eropa kan bertemu pada 12 Mei mendatang guna mencari solusi soal krisis politik di Ukraina.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar