Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Partai Koalisi Abe Menangkan Pemilu Jepang

Senin, 22 Juli 2013 7:50 WIB
Dibaca 497

Monexnews - Partai koalisi pemerintahan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memenangkan pemilu MPR (upper house) di Jepang. Kantor berita NHK melaporkan partai Liberal Democratic Party (LDP) dan mitranya partai New Komeito mendapatkan 74 dari 121 kursi parlemen yang diperebutkan. Ini berarti Abe memiliki suara mayoritas di parlemen dan tentunya akan memudahkan pemerintah untuk melanjutkan kebijakan reformasi yang dibutuhkan untuk menjaga pemulihan ekonomi terbesar No.3 di dunia tersebut.

Abe menegaskan akan tetap fokus menjalankan kebijakan "Abenomics" -yang merupakan kombinasi pelonggaran moneter dan fiskal, serta reformasi struktural- demi memperbaiki ekonomi Jepang. Meski demikian, posisi Abe yang kini menguasai mutlak legislatif dan eksekutif telah menimbulkan kecurigaan bahwa Abe nantinya akan kehilangan ketertarikan melanjutkan reformasi ekonomi dan lebih fokus dengan agenda politik nasional. Memperkuat sistem pertahanan Jepang, dan merevisi posisi Jepang dalam perang dunia II merupakan salah satu agenda Abe yang tidak disukai oleh Cina dan Korea Selatan, negara yang pernah dijajah Jepang. Investor juga bersikap waspada sembari menanti apakah pemerintah akan melanjutkan rencana kenaikan pajak penjualan dari 5% menjadi 8% sebagai upaya untuk membenahi masalah utang Jepang.

Nikkei futures sempat rally hingga menyentuh 14860 dan yen sempat melemah hingga meraih 100.60 di awal sesi Asia pasca kemenangan Abe. Namun, aksi profit-taking menerpa Nikkei dan yen sehingga Nikkei futures kini diperdagangkan 14670 dan USD/JPY ditransaksikan 99.95. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar