Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Pasar China Gelisah Nantikan Data Pertumbuhan

Senin, 14 April 2014 14:27 WIB
Dibaca 420

Monexnews -

Optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi kembali akan teruji pekan ini seiring fokus kalangan investor terpusat kepada data penting China yang akan merilis angka pertumbuhan gross domestic product (GDP) kuartal pertama.

Namun secara umum, pasar nampak kurang antusias terhadap data tersebut yang sedianya akan tayang pada hari Rabu (16/4). Pasalnya, angka GDP triwulan IV itu diprediksi akan melambat ke level 7.3% dari kuartal sebelumnya 7.7% untuk year to year. Sedangkan untuk kuartalan nya, diproyeksikan menurun 1.4% dari sebelumnya 1.8%.

Pada pekan sebelumnya, sikap pesimis investor mulai nampak setelah angka inflasi konsumen (CPI y/y) meleset di bawah ekspektasi termasuk inflasi harga produsen (PPI y/y) yang kian mengecewakan. Bahkan di awal bulan, data manufaktur PMI - HSBC bulan Maret tercatat kembali menurun. 

Kekhawatiran terhadap masalah perlambatan kian diperparah setelah Wakil Menteri Keuangan China - Zhu Guangyao di hari Minggu kemarin (13/4) membenarkan bahwa pihaknya tengah berupaya mengatasi risiko ancaman keuangan dalam menghadapi bahaya hard landing akibat kualitas aset-aset yang buruk. Sehingga untuk itu perlu diambil langkah dan tindakan yang tegas untuk menanggulanginya.

Peringatan Zhu tersebut muncul saat menghadiri pertemuan IMF (Dana Moneter Internasional) di Washington pada akhir pekan lalu (12-13 April). Dan serangkaian buruknya fundamental itu justru kian memperuncing ekspektasi pasar terhadap kucuran stimulus yang lebih besar dari Beijing. Sebelumnya, pasar China telah diceriakan oleh kabar dari pemerintah (State Council) yang mengumumkan stimulus mini di awal bulan April silam. (dar)

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar