Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Pasar Kembali Cemas Dengan Yunani

Jumat, 17 Oktober 2014 9:23 WIB
Dibaca 564

Monexnews - Biaya pinjaman obligasi pemerintah Yunani melejit pada perdagangan Kamis seiring investor kembali cemas dengan anggota zona-euro tersebut. Yield obligasi  pemerintah Yunani bertenor 10 tahun mencapi 8,9%; melebihi level psikologis 7% untuk pertama kalinya sejak Januari. Lonjakan biaya pinjaman tersebut membuat investor cemas dengan kembalinya krisis utang zona-euro dan ini tercermin dari turut naiknya biaya pinjaman obligasi anggota zona-euro bermasalah lainnya seperti Portugal, Spanyol, dan Italia.

Investor sepertinya semakin khawatir dengan outlook pendanaan pemerintah dan resiko politik Yunani. Athena telah utarakan keinginan untuk mengakhir program bailout setahun lebih cepat pada 2015 namun dengan kembali melonjaknya yield akan menyulitkan Athena untuk memenuhi kebutuhan pendanaannya. Pasar juga cemas dengan outlook pendanaan perusahaan Yunani mengingat ECB telah utarakan bahwa Yunani perlu tetap mengikuti program bailout jika obligasinya ingin tercakup dalam rencana pembelian obligasi ABS yang dicanangkan bank sentral Eropa.

Investor juga khawatir dengan prospek pemilu dini di Yunani meski Perdana Menteri Antonis Samaras telah memenangkan mosi kepercayaan dari parlemen di akhir pekan. Keunggulan koalisi partai pendukung Samaras cukup tipis dengan total kursi hanya 155. Samaras perlu mendapatkan dukungan 180 anggota parlemen untuk mencalonkan Presiden pada pemilu Februari 2015. Jika Samaras gagal mengumpulkan dukungan maka Yunani dapat melaksanakan pemilu dini namun survei terakhir menunjukan partai Alexis Tsipras akan keluar sebagai pemenang jika ada pemilu dini. Pasar khawatir jika Tsipras memimpin Yunani mengingat pimpinan partai Syriza tersebut ingin penghapusan utang Yunani atau mengancam akan membawa Yunani keluar dari zona-euro.    (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar