Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

world-economy World Economy

Pasar Obligasi AS Menguat Tajam Akibat Kecemasan Yunani

Senin, 29 Juni 2015 20:01 WIB
Dibaca 3062

Monexnews -

Para investor berbondong bonding mengalihkan arus modal ke safe haven obligasi AS di hari Senin seiring krisis utang sovereign Yunani tereskalasi.

Kenaikan permintaan safe haven memicu penurunan yield obligasi AS pada tenor 10-tahun ke level 2.297%, dibandingkan level penutupan hari Jumat di level 2.48% yang merupakan level penutupan tertinggi sejak akhir September tahun lalu. Harga obligasi berbanding terbalik dengan yield obligasi.

Sebelumnya pasar obligasi AS tampak tidak menarik di hari Jumat mengalami tekanan jual seiring optimisme bahwa kesepakatan bailout Yunani dapat diraih selama akhir pekan karena dana bailout akan berakhir di hari Selasa. Namun serangkaian event yang terjadi selama akhir pekan telah merubah sentimen market dan memicu kepanikan akibat Yunani kini semakin di ujung tanduk default.

Setelah kegagalan negosiasi bailout dengan kreditur internasional, Yunani secara formal menerapkan control arus modal / Capital Control dan mendeklarasikan libur bank. Pemerintah Yunani akan mengadakan referendum apakah akan menerima langkah penghematan anggaran yang diminta oleh kreditur sebagai gantinya dikucurkan dana bailout. Namun perbankan masih akan ditutup selama 6 hari kedepan.

Alhasil para investor cemas jika default akan mengarah pada keluarnya Yunani dari zoan Euro, yang akan mengancam stabilitas sistem keuangan di zona Euro, membahayakan pertumbuhan ekonomi kawasan dan menyebarkan kekacauan di market. Ketakutan yang tercemin dari situasi tersebut, para investor mengurangi eksposur dari pasar aset berisiko sehingga memicu kejatuhan saham global, sementara pasar obligasi AS, Jerman dan Inggris justru menguat.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar