Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pasca Gejolak, Yield Obligasi Portugal Turun

Kamis, 4 Juli 2013 16:04 WIB
Dibaca 596

Monexnews - Imbal hasil obligasi negara Portugal hari Kamis (04/07) kembali surut setelah kemarin melonjak drastis. Yield surat hutang 10-year kini turun 8 basis poin menjadi 7.22%.

Pada hari Kamis kemarin, yield obligasi meroket ke atas 8% atau yang terburuk sejak sejak bulan November tahun lalu akibat kisruh politik yang melanda Lisbon. Pada awal pekan ini kabinet Portugal terpaksa merelakan salah satu menterinya lengser dari posisi strategis. Menteri Luar Negeri Paulo Portas, yang juga merangkap sebagai Ketua Partai Koalisi Junior, dinyatakan mundur karena beda pendapat soal pemangkasan anggaran. Satu hari sebelumnya, perdana menteri Pedro Passos Coelho juga kehilangan menteri keuangan Vitor Gaspar karena alasan serupa. Pengunduran diri dua menteri penting makin memperkuat spekulasi soal perpecahan dalam kabinet dan partai koalisi Portugal. Pasca gejolak di pemerintahan, investor mulai alergi dengan instrumen hutang negara itu sehingga imbal hasil obligasi kemarin sempat menembus level tertinggi harian, 8.18%. Skenario terburuk yang berada di kepala pemilik modal adalah ketidakmampuan Portugal untuk menyelesaikan krisis sesuai target awal. Sebagai catatan, semakin tinggi risiko gagal bayar hutang suatu negara maka semakin tinggi pula yield obligasi melonjak. 

Kekhawatiran mulai mereda hari ini setelah pemangku kepentingan di Portugal sepakat untuk mempertahankan koalisi pasca ditinggal anggota kabinet yang berpengaruh. Investor memandang positif sikap pemerintah meskipun kinerja konkrit masih harus ditunjukkan oleh pihak yang berkepentingan. Nilai tukar Euro sekarang terpantau di level 1.29961 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar