Kamis, 21 September 2017

world-economy  World Economy

PBoC Masih Biarkan Lonjakan Rate Antar Perbankan

Kamis, 20 Juni 2013 20:51 WIB
Dibaca 532

Monexnews -

Bank sentral China (PBoC) masih membiarkan lonjakan rate antar bank yang dikenal dengan istilah Shibor (Shanghai interbank offered rate) yang telah melonjak ke level tertingginya sepanjang mas 12.06%.

Kenaikan rate interbank China ini menunjukkan keengganan berbagai bank tersebut untuk memberikan pinjaman satu sama lain, efeknya adalah krisis likuiditas dan kredit yang mengalir ke sektor bisnis akan menyusut.

Kenaikan short term repo rates ini memperburuk sentimen para investor  yang sudah khawatir oleh rencana penarikan stimulus The Fed dan rilis aktivitas manufaktur China versi HSBC yang mengalami penurunan dibawah estimasi.

Lonjakan rate interbank China ini memang bukan hal yang baru, biasanya terjadi menjelang libur panjang, atau menjelang akhir kwartal, dan biasanya PboC akan menginjeksi dana ke sistem perbankan untuk mengembalikan rate tersebut ke level normal. Namun kali ini PBoC tampaknya bersikap toleran terhadap lonjakan rate interbank China tersebut sehingga memicu ketegangan para investor, mengingat terakhir kalinya terjadi lonjakan rate interbank di AS (Libor) namun bank sentral tetap membiarkannya malah terpicu kebangkrutan Lehman Brothers.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar