Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

PDB Zona Euro Meningkat Di Akhir Tahun 2014

Jumat, 13 Februari 2015 17:41 WIB
Dibaca 458

Monexnews - Perekonomian area-Euro melanjutkan momentum pertumbuhannya di akhir tahun lalu dengan Jerman kembali mengokohkan posisinya sebagai roda penggerak klub 19 negara tersebut. Statistik Uni Eropa melaporan Produk Domestik Bruto (PDB) zona Euro naik 0,3% di kuartal IV setelah berekspansi 0,2% pada tiga bulan sebelumnya. Laporan ini lebih tinggi dari prediksi kenaikan 0,2%. Sementara di hari yang sama, Jerman, Perancis, Italia, dan Yunani turut melaporkan tingkat PDB-nya. PDB Jerman melesat dua kali lipat dari prediksi dengan kenaikan 0,7%, PDB Perancis stagnan dengan kenaikan 0,1%, PDB Italia 0,0% lebih baik dari prediksi penurunan 0,1%, sementara PDB Yunani dilaporkan mengecewakan dengan penurunan 0,2% dari ekpektasi kenaikan 0,4%.

Perekonomian blok mata uang ini mampu untuk terus menarik perekonomiannya dari resesi panjang, namun penurunan harga konsumen dan berkuasanya partai anti-penghematan di Yunani membayangi pertumbuhannya. Untuk menghindari deflasi di wilayah yang pengeluaran konsumen menjadi roda penggerak perekonomiannya, Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi mengumumkan program pelonggaran kuantitif 1,1 triliun Euro. Paket stimulus yang telah menekan yield obligasi dan mata uang Euro ini diharapkan dapat mendorong tingkat konsumsi sekaligus memulihkan perekonomian.

"Area Euro mendapatkan dorongan signifikan dari pelemahan Euro, anjloknya harga minyak, dan turunnya suku bunga yang terpicu QE dari ECB," ujar Anna Maria Grimaldi, ekonom Intesa Sanpaolo SpA. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar