Rabu, 29 Maret 2017

breaking-news Indeks Kepercayaan Konsumen AS melonjak ke 125.6 di bulan Maret, melampaui estimasi 114.0

world-economy  World Economy

Pecah Kongsi, Soros Tarik Dana dari Perusahaan Rekanan

Jumat, 9 Agustus 2013 10:54 WIB
Dibaca 1990

Monexnews - Perusahaan investasi milik George Soros menarik semua uang yang 'dititipkan' kepada Pershing Square Capital Management milik jutawan Wiiliam Ackman. Menurut sebuah sumber yang dilansir oleh CNBC, alasan penarikan dana itu semata karena buruknya kinerja imbal hasil.

Pershing dikabarkan segera mencairkan seluruh dana yang diinvestasikan oleh Soros Fund Management senilai $250 juta, selambatnya pada awal 2014 mendatang. Soros konon tidak puas dengan tata kelola modal yang dilakukan oleh William Ackman dan kolega sehingga nilai portofolionya terus berkurang dari waktu ke waktu. Pershing Square menderita kerugian dana kelolaan sebesar 2.2% di bulan Juli, meskipun jika dihitung sejak awal tahun ini nilai asetnya naik 3.8%.

Menurut isu yang beredar, friksi antara dua miliarder telah terjadi sejak lama dan semakin meruncing di tengah perkembangan isu legalitas bisnis Herbalife. Soros dan Ackman memiliki cara pandang yang berbeda terhadap prospek bisnis perusahaan suplemen pangan itu. Skema bisnis Herbalife sedang diselidiki oleh pihak pengawas usaha Amerika untuk kemudian disimpulkan aspek legalitasnya. Terlebih lagi perusahaan hedge fund banyak yang menanamkan modalnya di sana, meskipun banyak pula yang bertaruh kalau saham perusahaan ini pasti akan merosot dalam waktu dekat.

Ackman memiliki posisi $1 miliar melawan Herbalife. Ia bertaruh kalau saham itu akan anjlok ke level nol akibat terdampak oleh pola bisnisnya yang termasuk ke dalam skema piramid. Namun sampai dengan 30 Juli lalu, Pershing Square sudah merugi sebanyak $300 juta dari posisinya melawan saham Herbalife. Di sisi lain, Soros Fund justru terus menambah porsi modalnya di Herbalife sehingga porsi kepemilikan perusahaan itu termasuk salah satu yang terbesar di brankas Soros.

Ackman sudah mengajukan komplain kepada pihak pengawas pasar keuangan Amerika terkait aksi Soros. Unit-unit bisnis miliarder itu dituduh telah berkonspirasi menaikkan harga saham Herbalife sehingga posisi Pershing Square menyusut drastis. Menurut Ackman, Soros Fund melakukan aksi insider trading dengan cara memberi rekomendasi pembelian saham Herbalife kepada perusahaan-perusahaan investasi lain, yang mengakibatkan nilai Herbalife semakin kuat di pasar. Kedua belah pihak, baik dari George Soros maupun Bill Ackman, belum mau memberikan keterangan lebih lanjut.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar