Sabtu, 29 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pejabat BOJ: Kurs Yen Harus Mencerminkan Kondisi Jepang

Senin, 9 Maret 2015 12:56 WIB
Dibaca 1093

Monexnews - Bank of Japan (BOJ) mulai mengubah sikapnya tentang kinerja nilai tukar mata uang domestik. Deputi Gubernur Hiroshi Nakaso kini berbalik menegaskan kalau pergerakan Yen harus mencerminkan kondisi ekonomi dan keuangan Jepang, bukan hanya dilihat dari untung ruginya terhadap pelaku ekonomi dan fiskal pemerintah. 

Dalam konferensi di kota Matsuyama, Jepang Barat, Nakaso mengutarakan pendapatnya soal nilai tukar Yen. Ia meyakini kalau kondisi kurs yang ideal seharusnya mewakili kondisi suatu negara, bukan sengaja dirancang untuk memberi keuntungan bagi pengusaha dan pemerintah. Statement-nya itu tidak sejalan dengan pernyataan gubernur Haruhiko Kuroda, yang berulangkali memaparkan berbagai keuntungan kurs rendah Yen terhadap ekonomi dalam negeri.

Namun demikian, Nakaso tidak membantah kalau pelemahan Yen memang memberi keuntungan bagi beberapa pihak, misalnya eksportir. Mereka yang menjual barangnya di luar negeri jelas lebih untung saat Yen melemah karena harga jual produknya di luar menjadi lebih murah. Sebaliknya, ia tidak mau berkomentar soal tren penguatan Dollar pasca data tenaga kerja Jumat lalu dan tidak mau menjawab pertanyaan soal berapa kurs Yen yang ideal. Nilai tukar USD/JPY kini terpantau di posisi 121.018. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar