Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Pejabat ECB Dukung Kenaikan Upah Pekerja di Jerman

Rabu, 30 Juli 2014 10:45 WIB
Dibaca 525

Monexnews -  Rencana kenaikan upah di Jerman merupakan pertanda positif di sektor perekonomian Eropa. Walaupun daya serap tenaga kerja di kawasan masih lemah dan suplai SDM dengan keahlian belum mencukupi, wacana reformasi upah di negara perekonomian terbesar benua biru itu adalah hal yang positif bagi zona Euro.

Pujian tersebut dilontarkan oleh Anggota Dewan Kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB), Jens Weidmann, kepada media Frankfurter Allgemeine Zeitung hari ini. Persentase gaji pekerja di Jerman rencananya memang akan naik sebanyak 3% di tengah trend inflasi jangka menengah yang tidak sampai 2%. "Dihitung dengan tingkat produktivitas yang sebesar 1%, apa yang terjadi di Jerman merupakan suatu gejala pemulihan yang bagus," ujar Weidmann.

Komentar Weidmann adalah bentuk dukungan ECB terhadap proposal kenaikan upah pekerja yang diajukan oleh Kepala Tim Ekonomi Bundesbank dan pejabat ECB sendiri. Namun sebagai pejabat ECB yang merangkap Gubernur Bank Sentral Jerman, Weidmann juga memperingatkan efek negatif dari pembelian aset berupa surat hutang dalam jumlah besar oleh ECB dan beberapa bank sentral di dunia. "Pembelian (obligasi) hanya akan memperumit masalah apabila ternyata risiko kerugian dari investasi itu lebih besar dari kemampuan bayar," ujarnya. Sementara di saat yang sama, keuntungan dari bisnis pinjam meminjam bisa saja terbang tanpa diperkirakan sebelumnya.

   (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar