Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Pejabat Fed: Gedung Putih Mem-politisasi Suksesi Kepemimpinan Fed

Selasa, 24 September 2013 10:46 WIB
Dibaca 603

Monexnews - Perkembangan isu soal calon pengganti Ben S. Bernanke di kursi tertinggi Federal Reserve mulai membuat gerah banyak pihak. Salah satunya adalah Richard Fisher, seorang pejabat tinggi Bank Sentral Amerika Serikat. Menurutnya, Gedung Putih melakukan kesalahan dalam mengelola isu pencalonan Kepala Fed.

Presiden Bank Sentral Wilayah Dallas ini melihat pemerintah justru membuat Federal Reserve menjadi korban politisasi jelang suksesi Ben Bernanke. "Penunjukan kepala bank sentral seharusnya tidak menjadi perdebatan publik," ujarnya dalam pidato di hadapan Texas Association of Independent Bankers. Dengan mengapungkan nama-nama potensial pesaing Janet Yellen ke permukaan, Gedung Putih justru membuat calon-calon itu tidak disukai oleh publik. Terlebih lagi, nama-nama yang muncul selama ini dianggap memiliki sikap berseberangan dengan Yellen, yang notabene sudah kadung populer di kalangan pelaku bisnis dan keuangan.

Satu pekan lalu, Lawrence Summers resmi mengundurkan diri dari bursa pencalonan kepala bank sentral. Ia mengambil keputusan tersebut lantaran tidak ingin kehadirannya dalam kontestasi pengganti Bernanke hanya menciptakan perdebatan. Sampai saat ini Wakil Chairman Federal Reserve, Janet Yellen, masih menjadi favorit dan belum memiliki pesaing yang seimbang. Gedung Putih belum mengajukan jagoan lain pasca pengunduran diri Summers meskipun nama Donald Kohn dan Timothy Geithner sudah lama mencuat ke permukaan.

Fisher sendiri sudah lama dikenal memiliki cara pandang berbeda dalam tata kelola moneter dengan Yellen. Ia kerap mengkritisi sikap dovish pemerintah, termasuk strategi pelonggaran moneter yang diambil selama ini. Fisher bahkan mengkritik keputusan Fed untuk tidak mengurangi stimulus pada pertemuan tengah pekan lalu seraya menyebut bank sentral telah menodai kredibilitasnya. Namun begitu, ia menilai Yellen adalah orang yang kompeten untuk menggantikan Bernanke mulai tahun depan. Entah hanya basa basi atau tulus, Fisher menyebut kolegenya itu sebagai 'calon chairman yang hebat'.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar