Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pejabat Fed: Meski Tapering Tuntas, Suku Bunga Belum akan Naik

Rabu, 4 Juni 2014 14:01 WIB
Dibaca 505

Monexnews -  Isu utama di pasar keuangan tahun ini masih seputar pola kebijakan moneter Federal Reserve Bank Amerika Serikat. Walaupun tapering atau pemangkasan stimulus sudah diberlakukan, tidak ada yang tahu pasti kapan iklim moneter longgar benar-benar berakhir, termasuk orang dalam bank sentral sendiri.

Dalam sebuah wawancara hari ini, Gubernur Federal Reserve Bank wilayah Dallas, Richard Fisher, mengungkapkan keinginannya agar program pembelian obligasi diakhir pada bulan Oktober 2014 atau sesuai jadwal tapering. Namun di sisi lain, ia tidak melihat suku bunga acuan dinaikkan sebelum tahun 2015. "Kecil kemungkinan bank sentral akan menaikkan suku bunga langsung setelah tapering selesai," tutur Fisher kepada Reuters.

Walaupun memiliki posisi sebagai pengambil kebijakan dalam voting bank sentral, Fisher menyebut ruang kenaikan suku bunga tahun ini nyaris mustahil. Berbeda dengan program pembelian obligasi, kebijakan suku bunga sangat tergantung pada hasil data ekonomi dari waktu ke waktu. Di dalamnya termasuk komponen inflasi dan daya serap tenaga kerja. "Saya tidak akan fokus pada suku bunga sampai segala sesuatunya sudah sesuai harapan," tutup Fisher. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar